Tiap perusahaan, organisasi dan bahkan individu pasti mempunyai visi dan misi yang dipakai untuk meraih keberhasilan. Visi dan misi selalu disandingkan satu sama lain. Visi merupakan kondisi yang dikehendaki di masa mendatang. Dengan visi maka akan diperoleh motivasi dan ajaran sekaligus juga batasan-batasan dalam merencanakan taktik mencapai tujuan jangka panjang.
Tidak sedikit perusahaan atau individu yang menciptakan pernyataan visi dan misi. Pernyataan visi biasanya dibentuk dengan menjawab pertanyaan : Apa yang hendak dicapai? sementara pernyataan misi untuk menjawab pertanyaan : Apa bisnis kita?. Lalu apa sesungguhnya pengertian visi dan misi berdasarkan para ahli?
Pernyataan visi yang mengena biasanya akan mencerminkan dengan gamblang citra perusahaan yang hendak dikembangkan. Visi difungsikan untuk panduan dalam merubah apa-apa yang terkait dengan perusahaan. Visi akan menjabarkan kepada karyawan ke mana perusahaan hendak mengarah. Visi yang efektif diantaranya mesti mempunyai ciri antara lain : dapat dibayangkan, menarik, realistis dan dapat diwujudkan, jelas, aspiratif dan peka dengan adanya perubahan lingkungan dan juga simpel dimengerti. Berikut yaitu pengertian visi dari sejumlah hebat dalam problem organisasi :
- Indrakaralesa (2007) memperlihatkan pengertian visi yaitu : pencerminan dari beberapa keyakinan dan perkiraan dasar mengenai semuanya baik itu mengenai problem ilmu dan teknologi, kemanusiaan, politik, ekonomi, seni dan budaya serta etika.
- Ancok (2007) mendefinisikan visi : yakni sebuah pernyataan yang memuat panduan terang mengenai hal-hal yang hendak dilakukan perusahaan untuk masa mendatang.
- Mita (2008) menyampaikan bahwa visi yakni apa-apa yang kita bayangkan secara ideal yang hendak diraih pada masa mendatang.
- Aditya (2010) memperlihatkan pengertian visi yaitu sebuah perspektif mendalam untuk masa mendatang mengenai perusahaan, tujuan perusahaan dan hal yang mesti dilaksanakan supaya tujuan itu tercapai.
- Arman (2008) menyatakan bahwa visi yaitu pernyataan yang menjabarkan hal-hal yang hendak diwujudkan perusahaan untuk waktu mendatang.
Misi mempunyai pengertian apa-apa yang menciptakan kita ada atau why we exist. Pernyataan misi harus dapat menggambarkaan kebutuhan apa yang menciptakan perusahaan puas, siapa saja yang mempunyai kebutuhan itu, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tadi diwujudkan. Berikut yaitu pengertian misi dari sejumlah hebat dalam problem organisasi :
- Wibisono (2006) menggambarkan misi sebagai penetapan sasaran atau tujuan perusahaan untuk waktu yang singkat yang umumnya satu sampai tiga tahun.
- Arman (2008) mendefinisikan misi sebagai kumpulan pernyataan yang mencerminkan hal-hal yang tengah atau hendak dijalankan atau mau dicapai dalam waktu dekat.
- Drucker (2000:87) menyatakan misi yaitu lantaran utama kehadiran sebuah perusahaan. Pernyataan misi perusahaan utamanya pada tingkat unit bisnis akan mempengaruhi batas dan maksud dari aktivitas bisnis sebuah perusahaan.
- Wheelen memperlihatkan pengertian misi sebagai gugusan kalimat yang menjelaskan tujuan atau lantaran keberadaan suatu perusahaan berisikan hal-hal yang ditawarkan perusahaan untuk konsumen dapat berbentuk produk maupun layanan.
Tidak sedikit perusahaan atau individu yang menciptakan pernyataan visi dan misi. Pernyataan visi biasanya dibentuk dengan menjawab pertanyaan : Apa yang hendak dicapai? sementara pernyataan misi untuk menjawab pertanyaan : Apa bisnis kita?. Lalu apa sesungguhnya pengertian visi dan misi berdasarkan para ahli?
Pernyataan visi yang mengena biasanya akan mencerminkan dengan gamblang citra perusahaan yang hendak dikembangkan. Visi difungsikan untuk panduan dalam merubah apa-apa yang terkait dengan perusahaan. Visi akan menjabarkan kepada karyawan ke mana perusahaan hendak mengarah. Visi yang efektif diantaranya mesti mempunyai ciri antara lain : dapat dibayangkan, menarik, realistis dan dapat diwujudkan, jelas, aspiratif dan peka dengan adanya perubahan lingkungan dan juga simpel dimengerti. Berikut yaitu pengertian visi dari sejumlah hebat dalam problem organisasi :
- Indrakaralesa (2007) memperlihatkan pengertian visi yaitu : pencerminan dari beberapa keyakinan dan perkiraan dasar mengenai semuanya baik itu mengenai problem ilmu dan teknologi, kemanusiaan, politik, ekonomi, seni dan budaya serta etika.
- Ancok (2007) mendefinisikan visi : yakni sebuah pernyataan yang memuat panduan terang mengenai hal-hal yang hendak dilakukan perusahaan untuk masa mendatang.
- Mita (2008) menyampaikan bahwa visi yakni apa-apa yang kita bayangkan secara ideal yang hendak diraih pada masa mendatang.
- Aditya (2010) memperlihatkan pengertian visi yaitu sebuah perspektif mendalam untuk masa mendatang mengenai perusahaan, tujuan perusahaan dan hal yang mesti dilaksanakan supaya tujuan itu tercapai.
- Arman (2008) menyatakan bahwa visi yaitu pernyataan yang menjabarkan hal-hal yang hendak diwujudkan perusahaan untuk waktu mendatang.
Misi mempunyai pengertian apa-apa yang menciptakan kita ada atau why we exist. Pernyataan misi harus dapat menggambarkaan kebutuhan apa yang menciptakan perusahaan puas, siapa saja yang mempunyai kebutuhan itu, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tadi diwujudkan. Berikut yaitu pengertian misi dari sejumlah hebat dalam problem organisasi :
- Wibisono (2006) menggambarkan misi sebagai penetapan sasaran atau tujuan perusahaan untuk waktu yang singkat yang umumnya satu sampai tiga tahun.
- Arman (2008) mendefinisikan misi sebagai kumpulan pernyataan yang mencerminkan hal-hal yang tengah atau hendak dijalankan atau mau dicapai dalam waktu dekat.
- Drucker (2000:87) menyatakan misi yaitu lantaran utama kehadiran sebuah perusahaan. Pernyataan misi perusahaan utamanya pada tingkat unit bisnis akan mempengaruhi batas dan maksud dari aktivitas bisnis sebuah perusahaan.
- Wheelen memperlihatkan pengertian misi sebagai gugusan kalimat yang menjelaskan tujuan atau lantaran keberadaan suatu perusahaan berisikan hal-hal yang ditawarkan perusahaan untuk konsumen dapat berbentuk produk maupun layanan.